Kebun Binatang Bali Zoo, Destinasi Wisata Pendidikan di Pulau Dewata

Dari deretan spesies yang masuk dalam daftar hewan di Bali Zoo, semuanya merupakan hewan pilihan dengan perawatan terbaik. Yang dimaksud disini tidak hanya perawatan dalam hal pemberian makanan yang cukup, namun juga bagaimana cara memperlakukannya sehingga tetap nyaman dan mampu berinteraksi dengan pengunjung.

Jika tujuan Anda adalah berlibur ke Bali, bisa jadi Kebun Binatang tidak termasuk dalam agenda wisata. Mengapa bisa demikian? Karena destinasi wisata yang satu ini hampir setiap kota atau daerah memilikinya. Misalnya Kebun Binatang Surabaya (KBS) di Surabaya, Gembira Loka Zoo di Yogyakarta, dan lain-lain.

Namun tidak sama dari tempat-tempat lain, Kebun Binatang Bali Zoo menawarkan situasi kebun binatang yang berbeda. Intinya ketika mengunjungi tempat wisata ini banyak hal-hal menarik yang mungkin tidak bisa ditemui di tempat lain.

Destinasi Wisata Pendidikan

Kebun Binatang Bali Zoo

Kebun Binatang Bali Zoo

Terletak di Desa Singapadu, Sukawati, Kabupaten Gianyar,Bali Zoo merupakan satu-satunya kebun binatang di Bali yang dibuka pada September 2002 lalu. Merak, Kasuari, Jalak Bali, Iguana, Komodo, dan berbagai spesies ular merupakan daftar hewan di Bali Zoo sekaligus koleksi hewan pertama di kebun binatang ini.

Bali Zoo menempati lahan seluas 12 hektare dan 3,5 hektare diantaranya masih merupakan kawasan hutan alami.

Berbeda dari kebun binatang lain yang khusus berfungsi untuk sarana rekreasi, Kebun Binatang Bali Zoo lebih diprioritaskan sebagai destinasi wisata pendidikan terutama untuk masyarakat Bali. Wisata pendidikan yang dimaksud mencakup pengetahuan tentang keragaman fauna di Indonesia serta fauna yang ada di luar negeri.

Meski demikian Bali Zoo juga merupakan kebun binatang yang cocok untuk wisata keluarga karena memiliki koleksi hewan yang lengkap. Sebagai informasi, koleksi hewan di kebun binatang ini tak kurang dari 400 spesies. Sebagian besar diantaranya adalah hewan tropis serta hewan asli yang didatangkan dari berbagai daerah di Indonesia. Contohnya Orang Utan dan Beruang Madu dari Kalimantan, Gajah dari Lampung, Burung Cendrawasih dari Papua dan sebagainya.

Koleksi Hewan dari Indonesia dan Luar Negeri

Hewan Gajah di Bali Zoo

Hewan Gajah di Bali Zoo

Sebagian besar hewan di Bali Zoo memang merupakan koleksi hewan asli dari Indonesia. Meski demikian kebun binatang ini juga memiliki beberapa koleksi hewan dari luar negeri terutama dari kawasan Asia, Australia, dan Afrika. Beberapa jenis hewan langka juga bisa dilihat di Kebun Binatang Bali Zoo yaitu jenis mamalia, reptile, juga ratusan jenis burung dan ikan.

Para pengunjung sendiri bisa melihat koleksi hewan-hewan yang ada di Bali Zoo dengan aman. Ini karena hewan-hewan tersebut ditempatkan di kandang yang luas. Pembuatan kandang yang cukup luas ini supaya pergerakan hewan lebih bebas dan tidak terlalu dibatasi.

Aktivitas Pengunjung

Hewan Macan di Bali Zoo

Hewan Macan di Bali Zoo

Di Kebun Binatang Bali Zoo wisatawan dapat berinteraksi dengan berbagai jenis hewan. Di Deer Park, wahana terbaru di Bali Zoo, pengunjung bisa bercengkerama langsung dengan puluhan ekor rusa. Rusa-rusa yang ditempatkan di Deer Park sendiri sudah melalui proses penjinakan. Dengan kata lain, 35 ekor rusa disini sudah terbiasa bertemu dan bermain dengan manusia.

Selain berinteraksi dengan beberapa jenis hewan, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas yang tak kalah seru, seperti melihat berbagai macam atraksi hewan. Yang paling lucu adalah atraksi Breakfast with Orang Utan dimana pengunjung bisa sarapan pagi ditemani Orang Utan sambilĀ  berfoto bersama.

Bird Show adalah atraksi unik lainnya di Kebun Binatang Bali Zoo . Atraksi ini menampilkan beragam burung dari jenis Elang hingga Kakaktua pun ada. Pengunjung dapat menyaksikan bagaimana burung-burung tersebut beraksi dengan kelincahannya.

Atraksi yang terakhir yaitu memberi makan Harimau. Ini merupakan aktivitas yang paling disukai pengunjung Bali Zoo. Selain menyenangkan tentu ini pengalaman mendebarkan karena harus berinteraksi langsung dengan binatang yang terkenal buas.

Untuk sampai ke Bali Zoo, Anda membutuhkan waktu sekitar 1 – 2 jam dalam perjalanan dari bandara atau Denpasar tergantung tingkat kemacetan. Jika ingin ke lokasi ini, jangan lupa untuk sewa mobil Avanza di Bali agar kantong Anda tidak jebol. hehehe…

Kebun Binatang Bali Zoo mungkin bukan opsi utama para wisatawan di Pulau Dewata. Namun untuk pengalaman berbeda selain destinasi wisata pantai, tempat ini merupakan pilihan yang tepat untuk berlibur bersama keluarga.